Informasi yang dibutuhkan
pada Sistem Informasi Persediaan Barang di Stand Teh Poci
Prosedur Sistem Berjalan
Adapun prosedur persediaan barang pada stand teh poci
sebagai berikut :
a.
Prosedur Pemesanan Barang
Proses persediaan barang yang
dilakukan pada stand Teh Poci adalah via telepon, dimana Pramu
melaporkan kepada pemilik stand tentang kondisi persediaan barang distand,
kemudian pemilik stand melakukan pemesanan barang pada pihak distibutor Teh
Poci.
Item barang yang dipesan kepada Distributor :
·
Cup (gelas teh poci)
·
Shell (tutup gelas teh poci)
·
Teh Poci, Tea Station berbagai rasa
b.
Prosedur Datang barang.
Setelah pemesanan barang, barang datang dari
distributor ke pemilik stand dan disertai adanya serah terima antara pemilik stand dengan
driver. Misalnya
barang yang dipesan yaitu 2000 cup, pemilik stand tidak langsung mengirim semua
barang tersebut ke pramu melainkan mengirim barang sesuai dengan kebutuhan di
stand (±300 cup/hari).
c.
Prosedur pendisplayan barang
Setelah barang diterima pramu, barang disusun
di stand untuk siap dijual
d.
Prosedur Pembuatan Laporan
Setelah transaksi selesai pramu
membuat laporan penjualan secara manual berdasarkan data penjualan per
hari, lalu diserahkan kepada pemilik stand. Dari laporan tersebut, pemilik
stand memiliki acuan terhadap persediaan barang yang tersisa di gudang.
Sehingga pemilik stand dapat mengambil keputusan untuk melakukan pemesanan
kembali ke bagian distributor.
Spesifikasi
Sistem Berjalan
Yang dimaksud dengan spesifikasi sistem
berjalan adalah pencarian dari bentuk-bentuk dokumen yang digunakan dalam
proses persediaan barang. Bentuk dokumen itu sendiri digolongkan dalam dua
bagian , yaitu dokumen masukan dan dokumen keluaran.
Dokumen Masukan
Dokumen Masukan
adalah bentuk dokumen-dokumen yang masuk atau
diterima saat proses. Dibawah ini adalah uraian bentuk dokumen masukan yang ada
dalam sistem persediaan barang di stand Teh Poci .
1. Nama Dokumen :
Tanda Terima Barang
Fungsi :
Untuk pemesanan barang
Sumber :
Distributor
Tujuan :
Pemilik Stand
Media :
Kertas
Frekuensi :
Setiap kali pemesanan barang
Jumlah :
1 Lembar
Dokumen Keluaran
1. Nama Dokumen :
Laporan Penjualan
Fungsi : Untuk bukti penjualan
Sumber : Pramu
Tujuan : Pemilik Stand
Media : Kertas
Frekuensi : Setiap Perhari
Jumlah : 1 Lembar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar