Kamis, 27 September 2012

Bahasa Sebagai Alat Pencari Kerja



Bahasa, satu kata tersebut tentu sudah tidak asing lagi ketika kita mendengarnya. Secara awam bahasa digunakan sebagai suatu cara untuk mengekspresikan diri baik itu secara bahasa yang kita lakukan secara lisan maupun berupa gerakan bahasa tubuh, dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan berkomunikasi kepada orang lain. Menurut para ahli, bahasa merupakan sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi. sebagai alat komunikasi , bahasa mempunyai fungsi-fungsi dan ragam-ragam tertentu.

Bahasa juga memiliki beberapa fungsi, yaitu diantaranya sebagai sarana untuk berkomunikasi, untuk mengekspresikan diri, untuk beradaptasi, bahasa sebagai alat untuk mencari kerja dan masih banyak lagi. Dalam bahasan kali ini saya akan membahas mengenai “Bahasa sebagai alat pencari kerja”. Segala aktifitas yang kita lakukan pasti diawali dengan menggunakan suatu bahasa, lantas bagaimana dan apa pengaruhnya bahasa tersebut dalam mencari pekerjaan? Tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh, selain penampilan yang rapi dari tampilan luar bahasa juga dapat mencerminkan seseorang ketika mencari kerja. Bahasa pertama yang akan saya bahas adalah bahasa indonesia dimana bahasa indonesia merupakan bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Dalam mencari pekerjaan apabila kita menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar tentu itu merupakan nilai “plus” karena apabila kita menggunakan bahasa yang tidak sesuai EYD atau menggunakan bahasa indonesia yang tidak baku maka hal tersebut juga akan mengurangi nilai kita yang dianggap tidak sopan.
Secara globalisasi Bahasa yang semakin global dipakai oleh semua bangsa di dunia ialah bahasa Inggris, bahasa internasiaonal tersebut juga biasanya sangat berperan penting yaitu biasanya dalam suatu lowongan kerja bahasa internasional, bahasa inggris juga memiliki nilai yang sangat tinggi. Seseorang yang mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik dan benar akan lebih mudah dalam proses mencari kerja karena dianggap sudah memiliki skill yang lebih yang dapat digunakan dalam berkomunikasi secara global dan tentu saja akan mempermudah suatu perusahaan (tempat kerja) yang bergerak secara global.
Kemampuan seseorang dalam berbahasa memiliki nilai yang penting ketika mencari kerja. Karena, setiap kita melamar atau mencari kerja terdapat suatu tahap seleksi yang kita sebut sebagai tes wawancara. Dalam test tersebut attitude cara kita berbicara dan menggunakan bahasa yang baik akan mempengaruhi kita terhadap pekerjaan tersebut. Jadi, selain skill yang dimiliki seseorang bahasa merupakan suatu komponen penting dalam mencari kerja. Bahasa indonesia yang kita gunakan sebagai bahasa utama di negara kita, serta bahasa global atau internasional yaitu bahasa inggris sangatlah penting dalam proses mencari kerja.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional harus disikapi bersama termasuk dalam pengajarannya. Bahasa Indonesia yang berfungsi sebagai alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi, sedangkan bahasa internasional yaitu bahasa inggris kita gunakan sebagai modal kita untuk mencari kerja dalam era gobalisasi ini. Jadi, penggunaan bahasa sangatlah penting dalam sarana berkomunikasi dan mencari kerja baik itu bahasa lokal maupun bahasa internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar