Senin, 10 Januari 2011

Ilmu sosial dasar (isd) sebagai MKDU

Ilmu sosial dasar, mata kuliah yang kita temui di universitas ini merupakan mata kuliah dasar umum. Sebelumnya mungkin semasa duduk di bangku sekolah kita mengenal adanya pelajaran IPS tapi tentu saja itu sedikit berbeda dari ISD, dimana ilmu sosial dasar yang kita temui sekarang akan lebih meluas. Ilmu sosial dasar itu sendiri sekarang pasti ditemui di setiap mata perkuliahan baik itu perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

Definisi ilmu sosial Dasar
Sebelum kita membahas lebih dalam, adakalanya kita mengetahui apa sih definisi ISD itu sendiri?
ISD atau kepanjangan dari ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang terjadi di lingkungan dengan menggunakan teori –teori (konsep, fakta dan teori). 

Tujuan ISD
Tentu saja mata kuliah ini sangat diharapkan mahasiswa mampu memberikan pengetahuan tentang masalah / gejala – gejala sosial sehingga mahasiswa dapat mengatasi masalah sosial dengan persepsi dan penalaran yang benar, sehingga setiap mahasiswa peka terhadap lingkungan sosial.
Pendidikan umum tentu sangat diharapkan untuk mampu meningkatkan kepribadian mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya diharapkan mahir pada mata kuliah tertentu yang mengembangkan keahlian tapi juga harus berjiwa sosial sehingga dapat menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya pandai di bidangnya tapi juga dapat bersosialisasi di masyarakat luas.
Mata kuliah dasar umum ini tentu saja bertujuan untuk:
  • Menghasilkan Lulusan sarjana yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa
  •  Menghasilkan lulusan sarjana yang berjiwa pancasila
  • Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki wawasan komperhesif
  • Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki wawasan  budaya yang luas.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan kenyataan social dan masalah masalah social dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian pengertian (fakta,konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu ilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi, social, sosiologi, antropologi dan psykologis social.
Selain itu, Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas:
  1. Kemampuan akademis; adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative pemecahannya
  2. Kemampuan professional; adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
  3. Kemampuan personal ; adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan  yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.
Sebagai salah satu mata kuliah umum, ISD bertujuan membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan cirri-cri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap an tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia  dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.


Sumber :
 materi kuliah ISD
              www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar