Sumber 1 : http://bit.ly/1p0vGAE
Jelaskan perbedaan model / skandal profesi USA dengan EROPA
Model dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan
standar profesi di Amerika dan Eropa. Untuk mengetahui perbedaan antara
keduanya, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai model dan standar profesi baik
di Amerika maupun di Eropa.
Model Pengembangan Standar Profesi
•
Organisasi
profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang
menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan
fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka
sebagai individu.
•
Semakin
luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang
yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan,
instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
•
Secara
global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan
tenaga professional Tl.
Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information
Technology Association of America) dan European Information Technology
Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di
bidang Tl.
Model dan standar profesi di Eropa
(Inggris, Jerman dan Perancis)
Standar Praktek yang dikembangkan oleh COTEC
adalah kode sukarela yang dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional untuk
membangun dan mengembangkan kode nasional sesuai dengan standar Eropa praktek
untuk terapis okupasi. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan umum namun dapat
dimodifikasi untuk daerah spesialis misalnya pediatri praktek, kepedulian
masyarakat, dan lain-lain.
Apabila ada kelompok yang ingin melakukan seperti
ini, setiap masalah yang berhadapan dengan standar praktek harus diberikan
kebijakan dan pertimbangan informasi karena mereka telah disertakan untuk
relevansi mereka untuk satu atau kegiatan lain dari praktek profesional kami.
Hal yang sangat penting adalah isu-isu yang termasuk dalam standar praktek,
saat ini harus relevan dengan anggota profesi yang menggunakannya.
Standar praktek COTEC adalah pernyataan kebijakan
yang membantu untuk mengatur dan menjaga standar praktek profesional yang baik.
Dalam kasus dimana keputusan harus dibuat tentang perilaku tidak profesional
dari seorang ahli terapi kerja, kode dapat digunakan sebagai panduan standar
perilaku profesional yang benar. Wakil untuk COTEC diminta untuk memastikan
bahwa penutur aslinya yang menterjemahkan kode kedalam bahasa Eropa lainnya
karena terdapat frase dan istilah yang sulit diterjemahkan. Terdapat dua bagian
utama dalam dokumen ini, yaitu :
·
Kode Etik
Federasi Dunia Kerja Therapist
·
Standar
Praktek COTEC yang dirancang tahun 1991 dan diperbaharui tahun 1996
1.
Pribadi Atribut
Pekerjaan therapist memiliki integritas pribadi,
kehandalan, keterbukaan pikiran dan loyalitas yang berkaitan dengan konsumen
dan bidang professional dan keseluruhan. Pekerjaan terapis merupakan pendekatan
terhadap semua konsumen yaitu menghormati dan memperhatikan situasi
masing-masing konsumen. Pekerjaan ini juga tidak bertindak diskriminasi
terhadap para konsumen. Rahasia informasi pribadi para konsumen akan dijamin
dan setiap rincian pribadi yang disampaikan berdasarkan persetujuan mereka.
2.
Perilaku dalam tim terapi pekerjaan dan dalam
tim multi disiplin
Pekerjaan terapis bekerja sama dan menerima
tanggung jawab dalam satu tim yang mendukung tujuan medis dan psikososial yang
telah ditetapkan. Pekerjaan terapis adalah menyediakan laporan tentang kemajuan
intervensi mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan informasi yang
relevan. Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam pengembangan profesional
melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya menerapkan pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh dalam kerja profesional mereka.
3.
Promosi profesi
Pekerjaan terapis mempunyai komitmen untuk
memperbaiki dan mengembangkan profesi pada umumnya. Mereka juga prihatin
terhadap promosi terapi okupasi yang lain, masyarakat organisasi professional
dan pengaturan badan-badan nasional seta internasional tingkat regional.
4.
Standar
praktek konsumen
Untuk tujuan standar COTEC Praktek Konsumen,
istilah yang digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan atau wali. Hal ini
juga termasuk mereka yang merupakan tanggung jawab terapis kerja.
Model dan standar profesi di USA dan
Kanada
Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika
Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat publik bersatu untuk
meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan
pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan strategi
fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk mencapai tujuan tersebut, aparat pemerintah
membiayai semua yang diperintahkan untuk mematuhi standar hukum, moral, dan
profesional perilaku dalam pemenuhan tanggung jawab profesional mereka. Standar
perilaku profesional diatur sebagaimana dalam kode ini untuk meningkatkan
kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
1.
Pribadi
Standar
Petugas pembiayaan pemerintah harus menunjukkan
dan mendedikasikan cita-cita tertinggi, kehormatan dan integritas dalam semua
hubungan masyarakat serta pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan dan
keyakinan yang mengatur pejabat, karyawan dan masyarakat. Mereka harus mematuhi
praktek profesional yang telah disetujui dan merupakan standar yang dianjurkan.
2.
Tanggung
Jawab Pejabat Publik
Petugas pembiayaan pemerintah harus mengakui dan
bertanggung jawab sebagai pejabat di sektor publik. Mereka harus menjunjung
tinggi undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka
dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
3.
Pengembangan Profesional
Petugas pembiayaan pemerintah bertanggung jawab
untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega
mereka dan untuk memberikan dorongan bagi mereka yang ingin memasuki bidang
keuangan pemerintah. Petugas pembiayaan pemerintah bertanggung jawab kepada
petugas keuangan untuk meningkatkan keunggulan dalam pelayanan publik.
4.
Integritas
Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan pemerintah harus menunjukkan
integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi. Mereka harus
sensitif dan responsif terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media dalam
kerangka kebijakan pemerintah negara bagian atau lokal.
5.
Integritas
Profesional – Hubungan
Petugas pembiayaan pemerintah harus bertindak
dengan kehormatan, integritas dan kebijakan dalam semua hubungan profesional.
Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama sehingga tidak terdapat
diskriminasi, pelecehan atau praktik yang tidak adil lainnya.
5.
Konflik
Kepentingan
Petugas pembiayaan pemerintah harus secara aktif
menghindari munculnya kenyataan yang berbenturan dengan kepentingan. Mereka
tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya demi kepentingan pribadi
atau politik.
Standar Profesi di Amerika dan Eropa
Satu hal penting mengapa profesi pustakawan
dihargai di Amerika adalah bahwa dari sejarahnya, perkembangan profesi
pustakawan di Amerika Serikat sejalan dengan sejarah pembentukan Amerika Serikat
sebagai negara modern dan juga perkembangan dunia akademik. Pada masa kolonial,
tradisi kepustakawanan di dunia akademik merupakan bagian dari konsep negara
modern, utamanya berkaitan dengan fungsi negara untuk menyediakan dan menyimpan
informasi. Oleh karena itu, profesi purstakawan dan ahli pengarsipan mulai
berkembang pada masa itu.
Sejalan dengan itu, posisi pustakawan mengakar
kuat di universitas-universitas dan tuntutan profesionalitas pustakawan pun
meningkat. Untuk menjadi seorang pustakawan, Seseorang harus mendapatkan gelar
pada jenjang S1 pada area tertentu terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan ke
jenjang S2 di bidang perpustakaan. Khusus untuk pustakawan hukum, beberapa
sekolah perpustakaan memiliki jurusan khusus pustakawan hukum.
Untuk memastikan hal ini, dibentuklah panduan
profesi pustakawan yang memastikan seorang pustakawan harus memiliki gelar
profesional pustakawan. Selain harus memiliki sertifikat, para pustakawan
profesional ini pun juga terus mengembangkan pendidikan profesinya dengan
mengikuti pelatihan-pelatihan di area tertentu yang berkaitan dengan pengolahan
dokumen. Hal ini penting untuk menghadapi perkembangan dunia elektronik yang
juga berpengaruh terhadap kebutuhan pengguna dan proses pengolahan.
Sementara itu, pekerjaan-pekerjaan teknis yang
berkaitan dengan manajemen dan pengelolaan perpustakaan seperti scanning
dokumen, jaringan internet, memasang sistem katalog dalam jaringan komputer,
dikerjakan ahli‐ahli yang berfungsi sebagai staf teknis perpustakaan. Umumnya mereka
memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknologi Informasi. Mereka staf
teknis dan bukan pustakawan.
Hal ini tentu berbeda dengan kondisi di Indonesia.
Profesi pustakawan seringkali ditempatkan hanya sebagai pekerjaan teknis,
tukang mengolah katalog, mencari dan mengembalikan buku perpustakaan
ditempatnya, serta memfotokopi dokumen yang dibutukan pengguna. Tidak ada
pembagian fungsi dan tugas yang tegas antara pustakawan dan staf teknis.
Contoh lainnya adalah hubungan profesi pustakawan
dengan profesi ahli bahasa. Pustakawan di Amerika Serikat bekerjasama dengan
The Modern Language Association menyusun panduan yang berkaitan dengan
informasi linguistik yang berisi materi‐materi, metode‐metode dan bahkan
hal‐hal mengenai etika yang berkaitan dengan linguistik. Banyak pustakawan
hukum di Amerika Serikat yang juga memiliki gelar hukum dan aktif melakukan
penelitian dan kontribusi lainnya terhadap profesi hukum. Sehingga, pustakawan
tidak berfungsi sekedar sebagai supervisi dan kolektor dokumen saja. Selain
itu, hubungan antar pustakawan dengan profesi yang didukungnya, misalnya dalam
dunia akademik, menjadi setara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar